Sebenarnya mencari langkah menggunakan genset dan menemukan cara menggunakan genset yang baik dan benar tidaklah sulit. Namun, jika Anda baru pertama kali menggunakan genset, kemungkinan Anda mungkin akan mengalami kebingungan memahami komponen genset, terlebih lagi jika harus mengoperasikannya dan mematikannya.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, genset yang beredar saat ini lebih mudah digunakan dibandingkan genset keluaran terdahulu.Tak perlu lagi susah payah menarik tuas dengan kuat, Anda hanya perlu perlu memahami tombol-tombol untuk mengoperasikannya.

Meski penggunaannya lebih mudah, bukan berarti Anda menghidupkan genset tanpa memerhatikan langkah-langkah yang tepat. Sebab, bisa jadi genset mengalami kerusakan atau tidak bisa menyala jika tidak dihidupkan dengan tepat.

Faktor Pertimbangan Sebelum Menggunakan Genset

Sebelum kita ke cara menggunakan genset yang baik dan benar, mari kita bahas beberapa faktor yang harus dipertimbangkan sebelum menggunakan genset itu sendiri. Setelah Anda mengetahui faktor-faktor ini, Anda tak perlu khawatir tentang keselamatan penggunaan genset.

Kebutuhan Daya

Salah satu hal utama yang perlu dipertimbangkan adalah kapasitas daya Anda. Pastikan genset yang akan Anda gunakan memiliki kapasitas yang cukup untuk memenuhi kebutuhan daya listrik yang Anda perlukan. Perhitungkan semua peralatan dan perangkat yang akan Anda hubungkan ke genset untuk menentukan kapasitas yang tepat.

Ventilasi

Jangan lupa untuk perhatikan ventilasi udara di tempat Anda mengoperasikan genset Anda. Genset menghasilkan gas buang beracun seperti karbon monoksida (CO) yang sangat berbahaya jika tidak dipersingkat dengan baik. 

Pastikan genset ditempatkan di area terbuka yang memiliki ventilasi yang baik agar gas buang dapat disirkulasikan keluar dengan aman. Hindari menempatkan genset di dalam ruangan tertutup atau di tempat yang kurang ventilasi.

Pencegahan Keselamatan

Penting untuk mematuhi semua panduan keselamatan yang terkait dengan penggunaan genset. Pencegahan ini untuk memastikan bahwa genset ini dioperasikan dengan aman dan efisien. Berikut beberapa list yang Anda perlu ketahui agar terhindar dari risiko berbahaya saat menggunakan genset:

 

  • Hindari menyentuh genset saat sedang beroperasi atau dalam kondisi panas.

  • Pastikan genset terhubung dengan benar dan aman ke perangkat atau sistem yang membutuhkan daya listrik.

  • Selalu matikan genset dan biarkan dingin sebelum melakukan perawatan atau pemeliharaan.

  • Gunakan bahan bakar yang sesuai dan simpan bahan bakar dengan aman untuk mencegah risiko kebakaran atau ledakan.

  • Lindungi genset dari cuaca buruk atau kondisi lingkungan yang ekstrim.

Cara Menggunakan Genset dengan Tepat

Setelah kita memastikan bahwa genset berada di tempat yang aman, kita dapat menggunakannya. Sedikitnya ada lima langkah menggunakan genset yang perlu Anda lakukan. Antara lain sebagai berikut:

Cek Bahan Bakar Genset

Menggunakan genset sebaiknya tidak dilakukan dengan langsung memencet tombol untuk menghidupkan. Sebab, hal itu bisa menimbulkan kerusakan terlebih jika tangki bahan bakar genset dalam keadaan kosong.

Karenanya, langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam menggunakan genset ialah mengecek bahan bakarnya. Pastikan Anda menggunakan bahan bakar yang sesuai. Pastikan juga bahan bakar di dalam tangki tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu penuh.

Cek Oli Mesin Genset

Setelah mengecek bahan bakar, sekarang Anda juga perlu mengecek oli mesin genset. Pastikan oli mesin genset tidak berada di bawah batas normal. Jika oli mesin genset berada di bawah batas normal, maka isilah dengan oli sesuai standar genset.

Lebih lanjut, genset perlu dirawat secara rutin atau berkala. Tujuannya, agar oli mesin selalu dalam kondisi optimal sehingga genset dapat dioperasikan dengan baik.

Cek Kondisi Aki Genset

Langkah menggunakan genset yang tepat berikutnya yakni mengecek kondisi aki atau accu. Pastikan aki genset dalam kondisi baik dan mampu menjalankan fungsinya dengan normal. Pertanyaannya, bagaimana cara mengecek kondisi aki genset?

Tidak sulit kok, pengecekan kondisi aki genset bisa dilakukan dengan cara men-starter-nya. Kondisi aki disebut baik jika genset mudah di-starter. Sebaliknya, jika genset sulit di-starter maka sangat mungkin akinya bermasalah atau kondisinya sudah melemah.

Nah, jika kondisi aki melemah, Anda bisa membawanya ke tempat penyetruman aki untuk disetrum kembali. Namun, jika aki sudah benar-benar tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka Anda harus menggantinya dengan yang baru dan berkualitas.

Perlu Anda tahu, aki sebagai salah satu komponen genset memiliki peranan yang sangat penting. Tanpa ada aki, genset tidak akan bisa menyala. Karenanya, gunakan genset yang memiliki aki berkualitas apik. Anda bisa membelinya di DPS Power.

Pastikan Saklar Ohm Sudah Menyala

Genset biasanya dilengkapi dengan saklar khusus yang fungsinya memutus aliran listrik. Biasanya, genset yang tidak digunakan posisi saklarnya menghadap ke bawah. Sementara genset yang digunakan posisi saklarnya menghadap ke atas. Akan tetapi, genset tipe tertentu mungkin memiliki jenis saklar yang tidak sama sebagaimana kami jelaskan tadi.

Nah, saat menggunakan genset, pastikan Anda tidak lupa memindahkan saklar ohm agar listrik dapat mengalir sehingga dapat menyala. Sebaliknya, jika Anda tidak memindahkan atau menyalakan saklar ohm, bisa dipastikan listrik dapat mengalir dan menyala.

Hidupkan Genset

Setelah melakukan keempat langkah di atas, sekarang Anda bisa menghidupkan genset. Pertama-tama, Anda harus memasang batangan besi ground ke dalam tanah. Kemudian geser kran bahan bakar pada posisi menyala atau ON. Pastikan juga choke genset dalam kondisi menyala. Ini perlu Anda lakukan agar genset nantinya cepat menyala.

Langkah berikutnya yakni menghidupkan saklar genset. Caranya, tekan saklar pada posisi menyala atau ON. Sekarang masukkan steker listrik pada stop kontak genset. Lalu hidupkan genset dengan cara menarik starter hingga mesin berbunyi. Anda tidak perlu kuat-kuat karena bisa menyebabkan tali putus. 

Matikan Genset

Setelah selesai digunakan, tentunya Anda harus mematikan mesin genset. Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk mematikan genset, antara lain sebagai berikut:

Pertama, pindah posisi choke ke posisi OFF atau mati. Maka, mesin genset juga akan mati. Setelah itu, Anda harus memastikan saklar dalam posisi OFF atau mati.

Sekarang lepaskan steker listrik dari stop kontak. Pindahkan kran bahan bakar pada posisi OFF. Terakhir, simpanlah genset di tempat yang aman.

Percayakan Urusan Genset Anda Pada DPS Power

Seperti itulah langkah-langkah menggunakan genset dengan tepat. Jika Anda adalah pemula atau orang yang sebelumnya belum pernah mengoperasikan genset, ikutilah langkah-langkah di atas dengan cermat. Anda juga bisa membaca buku panduan yang Anda dapatkan saat membeli genset.

Jika Anda mencari solusi untuk berbagai kebutuhan genset Anda, DPS Power adalah mitra terpercaya yang siap membantu. Dengan pengalaman dan keahlian dalam menyediakan genset berkualitas dan layanan purna jual yang terbaik, DPS Power dapat menjadi pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan daya Anda.

 

DPS Power menawarkan berbagai jenis genset dengan kapasitas yang beragam sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, tim profesional kami siap membantu Anda dalam memilih genset yang sesuai, melakukan instalasi yang tepat, serta memberikan layanan perawatan dan pemeliharaan secara berkala.