Yang Perlu Anda
Ketahui: Rangkaian ATS

Rangkaian kontrol panel ATS memiliki manfaat tersendiri bagi Anda yang ingin selalu bisa tetap mobile dalam bekerja meski terkendala oleh listrik mati. Pertanyaannya, bagaimana jika pekerjaan yang Anda lakukan tersebut mengharuskan listrik untuk tetap hidup selama 24 jam Non Stop? Hal ini tentunya menimbulkan problem tersendiri. Ketika listrik tiba-tiba padam, Anda masih harus kerepotan untuk menyalakan genset tersebut. Pada akhirnya pekerjaan pun akan terbengkalai.

Pemahaman: Apa itu
Rangkaian Kontrol
Panel ATS?

Rangkaian kontrol panel ATS adalah sebuah alat yang berfungsi untuk memindahkan sumber listrik satu dengan sumber listrik lainnya secara otomatis. Secara sederhana Kontrol Panel ATS merupakan sebuah sistem yang dirangkai agar sebuah mesin bekerja secara otomatis tanpa bantuan manusia. Rangkaian ATS bisa dirancang secara custom menyesuaikan core business Anda.

Manfaat Kontrol
Panel ATS

Berbicara tentang manfaat panel ATS, ada beberapa manfaat yang bisa Anda pertimbangkan untuk memasang kontrol panel ATS di genset silent ataupun genset open pada rumah, kantor atau industri. Seperti yang dijelaskan diatas, bahwa kontrol panel ATS berfungsi untuk menggantikan listrik utama ke listrik cadangan pada saat listrik mengalami pemadaman.

1. Memerintahkan Genset Untuk Otomatis Menyala Saat Listrik Padam

Yang pertama, manfaat dari rangkaian kontrol panel ATS yang bisa Anda dapatkan adalah memerintahkan genset tersebut untuk menyala secara otomatis pada saat listrik padam. Dengan cara tersebut maka Anda tidak perlu lagi kerepotan menyalakan genset dan lain sebagainya. Hal ini juga membantu Anda untuk menghemat waktu dan mencegah kerugian yang di alami perusahaan ketika mengalami listrik padam. 

2. Bisa Diset Manual Dan Auto

Apakah rangkaian kontrol panel ATS hanya berfungsi untuk mode otomatis saja? Tentu tidak, karena Anda juga bisa menggunakannya untuk mode manual. Dengan cara tersebut, pastinya akan lebih banyak lagi manfaat yang akan bisa Anda dapatkan di dalamnya.

3. Solusi Praktis Saat Kondisi Darurat

Dalam lingkungan pekerjaan yang mewajibkan listrik harus menyala 24 jam, tentunya keberadaan dari rangkaian kontrol panel ATS ini sangatlah luar biasa manfaatnya. Jadi Anda tidak akan pernah cemas meski listrik padam. Karena segala solusi akan bisa didapatkan dengan mudahnya.

Bagaimana Cara Kerja
Rangkaian Kontrol
Panel ATS

Pastinya Anda penasaran seperti apakah cara kerja dari rangkaian kontrol panel ATS tersebut? Berikut gambaran dari bagaimana genset tersebut bekerja secara otomatis saat listrik tiba-tiba padam.

1. Pertama, pastikan bahwa settingan dari ATS tersebut sudah diatur dalam kondisi Auto, bukan Manual. Dalam kondisi Auto, sistem akan bisa bekerja dengan sendirinya pada saat dibutuhkan.

2. Komponen yang nantinya akan memerintahkan genset untuk menyala secara otomatis bukan ATS, melainkan modul AMF. Modul ini juga harus diset dalam mode otomatis. Letak AMF itu sendiri menyatu dengan bagian genset.

3. ATS akan mengirimkan sinyal ke AMF untuk menyala. Pada saat listrik padam, maka secara langsung genset bisa menyala otomatis.

Perbedaan ATS dan
ATS-AMF

Panel merupakan sebuah kontrol yang berperan penting dalam pengoperasian genset agar berjalan dengan baik. Panel-panel ini di desain khusus agar bisa berajalan dan bekerja secara otamatis ataupun manual. Pada umum nya, panel pada genset terbagi menjadi 2 jenis. Yaitu, panel genset ATS (Automatic Transfer Switch) dan AMF (Automatic Main Failure). Masing-masing memiliki perbedaan dan fungsi nya masing-masing. 

Panel ATS

Panel ATS merupakan sebuah rangkaian listrik yang memiliki fungsi sebagai saklar yang beroperasi secara otomatis. Panel ATS memiliki fungsi mengendalikan dua sumber aliran listrik, ketika adanya pemutusan listrik secara mendadak maka panel ATS akan memindahkan listrik dari sumber lain seperti genset. Dan begitu juga ketika listrik PLN menyala maka panel akan otomatis berpindah. Panel ATS atau Automatic Transfer Switch sangat cocok digunakan pada pabrik, atau kantor.   

Panel ATS-AMF

Panel ATS-AMF merupakan rangkaian elektrik panel yang bekerja secara otomatis untuk menghidupkan dan mematikan listrik. Konsep kerja dari panel AMF adalah ketika listrik PLN mati maka panel AMF akan secara otomatis menghidupkan genset, dan sebaliknya jika listrik PLN hidup kembali maka secara otomatis genset akan mati kembali tanpa dimatiin.

Dari kedua panel tersebut bisa disimpulkan, bahwa Panel ATS dan AMF berperan penting untuk menyediakan segala kebutuhan dan keperluan sumber daya alternatif.

Siapa Saja Yang Memerlukan
Genset Otomatis?

Pada penerapannya, listrik memang adalah sumber yang sangat penting untuk operasional kerja di hotel, kantor, dan lain sebagainya. Jadi tak perlu heran jika Anda melihat manfaatnya sangat signifikan. Bahkan dalam beberapa kondisi, sangat dianjurkan untuk memiliki genset yang bisa menyala otomatis. Khusunya untuk fungsi dalam skala besar, contohnya adalah ketika listrik padam di Mall, hotel, dan lain sebagainya. Tentu Anda tidak ingin hal ini menjadi trending topik dimana listrik di salah satu layanan publik mendadak mati dan membuat semua pelanggan kebingungan.

Brand Partners

The Power Generator Company
Your trusted partner for power generator provider

Media Sosial
Surabaya
  • Cari Kami
    Jalan Raya Tenggilis No.56, Kendangsari,
    Kecamatan Tenggilis Mejoyo
    Kota Surabaya, Jawa Timur 60292
    Indonesia
  • Hubungi Kami
    Ph. +62 31 998 51030
    Fax. +62 31 998 42246
  • Email Kami
    sales@dpspower.co.id
Copyright © 2020 DPS The Power Generator Company. All Rights Reserved.

Product Request