Tips Menggunakan Genset dengan Aman di Rumah

Genset rumah memang punya manfaat yang luar biasa dan bisa jadi penyelamat di kala listrik padam. Akan tetapi, tanpa penggunaan yang tepat, genset bisa jadi sumber malapetaka, seperti keracunan karbon monoksida, konslet dan kesetrum, hingga kebakaran.

Padahal, semua produk genset selalu didampingi dengan modul petunjuk penggunaan yang lengkap, lho! Hanya saja, sayangnya masih banyak pemilik rumah yang lalai dan menggunakan genset – apapun tipenya, termasuk genset silent – tidak sesuai panduan penggunaan yang tepat.
Kalau begitu, bagaimana ya penggunaan genset rumah yang tepat dan aman? Untuk penjelasan lengkapnya, yuk simak daftar dan ulasannya berikut ini. Selamat membaca!

Jauhkan Genset dari Rumah

Salah satu risiko bahaya yang dapat dipicu oleh penggunaan genset murah di rumah adalah penggunaan genset di dalam garasi atau di tempat yang terlalu dekat dengan hunian. Seperti yang bisa Anda temukan dalam panduan penggunaan genset. Alat ini tidak boleh dioperasikan di dalam garasi, bahkan dalam posisi pintu terbuka sekalipun. Dan Anda juga tidak bisa mengoperasikannya di teras sekalipun.

Artinya, genset harus diletakkan dan digunakan di tempat yang lokasinya cukup jauh dari rumah. Meskipun memang terdengar “repot” karena artinya Anda harus memasang sambungan kabel yang cukup panjang dari genset rumah ke hunian. Kerepotan ini tidak ada apa-apanya dibandingkan risiko bahaya yang mengintai karena keracunan karbon monoksida apabila genset dioperasikan terlalu dekat dengan rumah.

Sambungan Kabel oleh Teknisi Profesional

Anda barangkali pernah membaca tutorial untuk menyambungkan genset silent ke rumah menggunakan kabel sambungan male ganda. Tapi, sebelum Anda mencobanya, ingat: tutorial tersebut menyesatkan. Yang berarti Anda jangan sampai melakukannya. Sebab, cara tersebut ilegal dan membahayakan Anda, keluarga, tetangga, hingga petugas listrik yang sedang bekerja.

Kalau Anda tidak ingin dibikin repot dengan sambungan kabel yang ribet, gunakan jasa teknisi listrik profesional untuk memasang sambungan kabel dari genset rumah ke hunian Anda. Meskipun Anda jelas perlu bayar biaya ekstra untuk jasa teknisi listrik tersebut. Harga tersebut setimpal dibandingkan risiko kecelakaan hingga kematian keluarga karena sambungan kabel yang tidak aman.

Biarkan Genset Dingin Dulu Sebelum Isi Ulang Bahan Bakar

Tangki bahan bakar pada genset umumnya selalu terpasang di bagian atas mesin agar bahan bakar yang masuk bisa langsung turun ke karburator.
Akan tetapi, cara praktis isi ulang genset murah ini bisa jadi sumber malapetaka jika Anda tidak berhati-hati, tepatnya jika Anda menuangkan bahan bakar pada saat kondisi mesin mesin panas.

Mengapa? Karena apabila Anda menuang bahan bakar saat mesin genset masih panas, Anda sama saja sedang menuangkan bahan bakar di atas api.
Sayangnya, kesalahan yang satu ini terbilang umum dilakukan para pemilik genset rumah sehingga jadi risiko kecelakaan yang paling sering terjadi.

Oleh karena itu, tunggu sampai mesin genset dingin terlebih dahulu sebelum Anda menuang bahan bakar ke dalam tangki demi keselamatan Anda.

Letakkan dan Operasikan Genset pada Permukaan Rata

Tips yang satu ini terutama sangat penting untuk genset rumah yang ukurannya relatif lebih kecil dibandingkan genset untuk kantor atau pabrik. Sebab, genset yang lebih kecil umumnya punya sistem pelumas yang akan “menyendokkan” oli. Kemudian mencipratkannya ke sukucadang yang sedang bergerak. Tapi, sistem ini bisa bekerja dengan optimal hanya jika genset berada pada bidang dengan pemukaan datar atau rata.

Apabila Anda mengoperasikan genset pada permukaan miring (terutama dengan kemiringan lebih dari 10 derajat), oli tidak bisa digunakan secara optimal sehingga suku cadang mesin jadi kering. Dan hal ini bisa memicu masalah pada genset rumah.

Bagaimana jika Anda tidak memiliki tempat dengan permukaan rata di sekitar rumah? Kalau begitu, Anda perlu keluarkan biaya ekstra untuk membuat tempat genset yang rata. Dan tips ini juga berlaku untuk segala jenis genset sekalipun. Termasuk genset silent maupun genset yang tidak memiliki sistem pelumas yang sama seperti di penjelasan di atas.

Hati-hati dan cermat dalam mengoperasikan genset murah adalah salah satu kunci utama. Anda bisa benar-benar bisa menikmati fungsi dari alat satu ini. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!